kemenag kota ambon

HIDUP DALAM KEBERSAMAAN

meti1

oleh : Meti Toding

Kebersamaan itu merupakan sebuah kata yang singkat, sederhana  namun mengandung makna. Terkadang kita salah memaknai tentang  kebersamaan itu . Indahnya kebersamaan itu tidak semata-mata harus perlu mengeluarkan banyak uang danmungkinsebuah kebersamaan tidak dapatdiukur dengan  uang  .  Manusia  adalah  makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian  meskipun ia  telahmemiliki segalanya , sekaya dan sehebat apapun.  Manusia pasti memerlukan kebersamaan dan bantuan orang lain dalam menjalani kehidupan ini.  

Semua itu adalah dalam rangka untuk saling memberi dan menerima. Dalam hidup kebersamaan tak lengkap rasanya jika tidak adanya suatu persoalan ataupun konflik, namun masalah tersebut sirna karna kita selalu ditemani oleh kasih sayang dari orang yang kita cintai.  Ada 3 hal yang berharga dalam hidup kebersamaan yaitu  Kasih, keluarga  dan Sahabat-sahabat  kita. Semoga kasih dan kebersamaan dalam menjalankan hidup ini dapat bermakna bagi diri kita dan juga bagi orang lain.  Menjalin kasih persaudaraan dan hidup dalam kebersamaan  jauh lebih bermakna dari hanya mementingkan diri kita sendiri.

Kebersamaan adalah sesuatu yang sangat diinginkan oleh setiap orang.Entah itu kebersamaan dengan keluarga, teman, sahabat, pasangan ataupun yang lainnya.Dengan kebersamaan itulah kita bisa saling berbagi, menyelesaikan masalah bersama, berjuang bersama dan yang pasti adalah bahagia bersama.Ibarat sebatang lidi yang sangat mudah dipatahkan. Namun apabila lidi-lidi itu dikumpulkan dalam jumlah banyak maka akan sangat sulit untuk mematahkannya. Begitu pula dengan diri kita, jangan terlalu sibuk menyendiri, dan telalu yakin bahwa setiap masalah bisa diselesaikan sendiri. Ingatlah bahwa dengan kebersamaanlah semuanya akan terasa mudah. Karena kebersamaan itu indah.

Mengeja arti sebuah kebersamaan dalam menjalin sebuah hubungan.Entah dengan keluarga, persaudaraan, persahabatan atau pun dengan pasangan.Kebersamaan menjadi suatu hal penting dalam membina sebuah hubungan.Jelas kita tak pernah bisa benar-benar hidup sendiri dalam kehidupan ini. Kita tidak bisa menjadi manusia yang egois, yang merasa bisa melakukan segalanya sendirian, yang merasa tak membutuhkan orang lain. Kerana di masa sekarang ini begitu banyak masih kita temui orang yang merasa tidak membutuhkan orang lain, karena ia sudah mempunya jabatan, mobil mewah, rumah mewah bahkan apartemen yang ada dimana mana.

Seperti sebuah pepatah kehidupan adalah sebuah siklus sebab akibat.Berbuat baik, saling berbagi dalam kebersamaan, menjalin sebuah hubungan yang positif itu pilihannya. Siapa yang menanam padi pasti akan tumbuh padi bukan?, jadi selagi kita masih bernafas dan masih diberikan kesehatan alangkah baiknya kalau kita selalu menjalin silaturahim dan kebersamaan antar sesama.

Sebuah kebersamaan juga tak dapat dipaksakan oleh apapun,Meskipun dalam suatu hubungan pasti ada hubungan timbal balik, seperti sebuah simbiosis tapi harus atas dasar kerelaan sehingga tidak akan ada harapan untuk mendapatkan balas budi.karena dalam menjalin hubungan sosial kita harus belajar bagaimana pentingnya saling memahami, mendengar dan harus ada saling pengertian juga saling teggang rasa serta selalu mau berbagi dan perduli.Karena dengan begitu kita akan dapat memaknai sebuah kebersamaan untuk menjacapai kebahagiaan bersama, sehingga hidup pun akan indah dalam satu ikatan baik ikatan keluarga, sahabat juga pertemanan.

Namun terkadang dalam menjalin sebuah hubungan kita harus bisa menciptakan ruang dan jarak.Tidak hanya bisa menuntut seseorang yang dekat dengan kita untuk berbuat sesuai dengan kehendak kita.karena yang menurut kita baik belum tentu menurut orang lain juga baik.Dan mengambil jarak yang kita butuhkan dalam hubungan adalah suatu tindakan yang bijak, dengan harapan tidak akan terjadi konflik yang menimbulkan perpecahan. Membiarkan ruangan dalam sebuah hubungan.Menciptakan suatu ruang untuk berekspresi.Sebuah ruangan yang kita butuhkan untuk bergerak bebas.Sebuah jarak yang kita butuhkan untuk introspeksi. Melihat apa yang sudah kita berikan, dari sudut pandang yang lebih luas. Ketika kita terlalu dekat, sudut pandang kita terlalu sempit.Akibatnya penilaian kita menjadi lebih subjektif.Saat kita menjauh, kita bisa melihat lebih menyeluruh. Hal ini dibutuhkan untuk lebih objektif.Sehingga kebersamaan akan semakin terjalin indah karena adanya rasa rindu jika kita sudah lama tidak bertemu, dan bersilaturahim pun semakin terasa.

  Karena kebersamaan itu sendiri bukan berarti kita selalu bersama-sama  secara fisik, tapi lebih pada hubungan psikologis. Tidak selamanya kita akan selalu bertemu dan bersama, karena kita pasti mempunya kesibukan dan kepentingan sendiri, bahkan mungkin suatu saat kita akan berpisah. oleh karena itu sangat penting adanya komunikasi dalam menjalin dan menjaga kebersamaan itu agar tetap ada. Memang sesuatu diciptakan mempunyai pasangan sendiri-sendiri, seperti halnya Pertemuan dan Perpisahan…Dan semoga kebersamaan akan selalu ada, bersama indahnya masa yang terukir dan manisnya kenangan yang terekam. dalam suatu persahabatan dan persaudaraaan yang tak kan dapat di pisaahkan oleh apapun.

Kita tetap harus siap dengan segala kemungkinan dan apapun yang terjadi. Ketika niat kita adalah sesuatuyang  baik maka hasil akhirnya pun akan baik.

Semoga apapun hubungan yang sedang kita jalani saat ini, selalu bisa membawa kebahagiaan dalam kebersamaan yang sebenarnya.

567
DIBACA