kemenag kota ambon

PENGGUNAAN KOMPUTER DALAM DUNIA KERJA

dsc_0067

 

OLEH : INDRI VERONICA

Pada era ini teknologi sekarang ini, tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi sangat membantu pekerjaan manusia dibidang pendidikan,ekonomi,politik maupun bidang lainnya. Ponsel,laptop,dan komputer,merupakan alat elektronik hasil perkembangan teknologi. Alat-alat ini diciptakan untuk memperlancar pekerjaan manusia di kantor,di sekolah,di mall,di rumah bahkan di pasar tradiosional. Kita dapat mengetahui informasi ,mengelola informasi dan menyebarkan informasi melalui teknologi yang kita gunakan. Teknologi selalu hadir dengan inovasi-inovasi terbaru sesuai dengan kebutuhan manusia. Seiring perkembangan teknologi ini masyarakat juga dituntut untuk berkembang sesuai perkembangan teknologi yang ada. Tidak mungkin teknologi berkembang dan berinovasi tanpa ada sumber daya manusia yang mampu menggunakannya.

Komputer berasal dari bahasa latin,computare yang mengandung arti menghitung. Kombinasi dari system computer diantaranya terdapat perangkat keras (hardware),perangkat linak (software),komunikasi,sumber daya (manusia dan informasi) dan prosedur-prosedur pemrosesan. Kelima hal ini tidak dapat berdiri sendiri. Kemajuan teknologi terutama teknologi komputerisasi ini tidak akan berarti apa-apa tanpa sumber daya manusia (SDM) yang bermutu dalam memegang peranan penting untuk keberhasilan suatu pekerjaan. Bidang administrasi,keuangan maupun bidang manapun dalam dunia kerja pasti membutuhkan teknologi yang terkomputerisasi. Sumber daya manusia dan teknologi tidak dapat terpisahkan karena SDM diperlukan dalam mengaplikasikan alat-alat teknologi yang dimiliki suatu lembaga.

Dampak perubahan yang sangat besar dalam era teknologi informasi yaitu,karyawn atau pegawai dapat melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien misalnya dalam pembuatan laporan,surat,penyempaian dan penerimaan informasi ataupun pengelolaan keuangan dan administrasi. Dalam perkantoran sekarang ini komputer/laptop sangat membantu pekerjaan yang dilakukan. Secara langsung, sadar atau tidak kita sadari teknologi yang kita gunakan telah membuat perubahan dalam pekerjaan yang dilakukan setiap hari. Semuanya serba cepat dan otomatis,lebih efektif dan akurat. Cara kerja manual yang selama ini kita gunakan dengan sendirinya terkesampingkan oleh penggunaan teknologi berbasis komputerisasi. Tetapi komputer/laptop tidak bisa memberitahu kepada kita bahwa teks atau angka yang kita input merupakan kesalahan atau bukan maka itu harus lebih teliti lagi hasilnya jika mungkin terjadi kesalahan.

Peningkatan sumber daya manusia yang mampu beradaptasidengan penggunaan teknologi berebasis komputerisasi saat ini belum optimal terutama di desa-desa atau di kota-kota yang beru berkembang. Walaupun dari sisi penataan administrasi dan keuangan dirasa sudah perlu menggunakan sistem teknologi berbasis komputerisasi, dan disamping itu kompleksitas suatu lembaga pemerintah atau swasta yang menangani berbagai macam persoalan pekerjaan dapat terbantu dengan penggunaan teknologi berbasis komputerisasi. Kemudahan yang perlu diketahui bahwa sistem komputer  menyediakan ruang penyimpanan data yang tak terbatas tergantung kebutuhan juga penggunaan pemakainya. Selain itu disaat pencarian data secara manual membutuhkan waktu yang lebih lama karena satu persatu dokumen harus diperiksa dahulu sedangkan,komputer menyediakan sistem pencarian dokumen secara otomatis dan cepat hanya dengan memasukan keyboard yang kita inginkan.

Kemudahan yang diberikan bukan berarti computer dapat mengerjakan semua pekerjaan yang kita inginkan,karena computer hanya alat pembantu yang dapat kita gunakan sesuai keinginan juga kebutuhan kita untuk melakukan sejumlah pemrosesan data yang hasilnya akan direpresentasikan kepada yang bersangkutan. Komputer hanya membantu pencarian record dan analisis agar lebih cepat,mengotomatisasi kantor,pemrosesan online,pengiriman data jarak jauh seperti email,voice mail dan juga mempermudah mengupdate file dan program.

Pada lembaga pemerintahanatau perusahan swasta sudah disiapkan fasilitas untuk membantu kinerja pegawai/karyawan yang bekerja pada lembaga tersebut. Termasuk Kantor Kementrian Agama Kota Ambon juga sudah menggunakan teknologi berbasis komputerisasi. Hal ini dapat terlihat pada absen pegawai yang menggunakan mesin finger print yang membantu bidang kepegawaian untuk mempermudah merekap absen tiap bulannya,pendapatan pegawai,perekapan gaji pegawai,hingga pengadministrasi lainnya dibidang umum. Input,process,kemudian output yang dihasilkan dari penggunaan komputer/laptop mempersingkat pekerjaan yang awalnya dilakukan secara manual,menghemat waktu ,tenaga bahkan biaya. Pengoperasian komputer setiap harinya akan membuat kita mudah menghafal dan menguasai fitur-fitur yang ada pada komputer/laptop. Dimulai dari hal sekecil itu maka kita akan menguasai penggunaan komputer/laptop dalam menunjang pekerjaan di kantor.

Sebagai pegawai dilembaga pemerintahan atau karyawan swasta, kita perlu memastikan bahwa kita mempunyai kemampuan yang cukup untuk menggunakan peralatan komputer/laptop secara produktif.Dimanapun lingkungan kerja kita sekarang ini pasti sangat bergantung dengan penggunaan komputer/laptop. Maka itu pergunakanlah alat teknologi yang ada dengan bijaksana dan efektif karena dengan demikian dapat membantu kita untuk berhasil menyelesaikan tugas dan tanggung jawab yang diberikan pimpinan.

2769
DIBACA