kemenag kota ambon

Kakankemenag Memberikan Kultum 1 Ba’da Dzuhur di Masjid Nurul Muhajirin

Ambon (Inmas) 17/05/2018 Mengawali hari pertama di bulan Suci Ramadhan, Ka.Kankemenag Kota Ambon H. M. Rusydi Latuconsina, S.Ag, ba’da Dzuhur memberikan kultum di hadapan Jama’ah Masjid Nurul Muhajirin Jalan Permi Ambon.

Di awal kultumnya, Ka.Kankemenag mengajak para jamaah untuk patut bersyukur karena telah diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bertemu kembali dengan bulan Suci Ramadhan di tahun ini, karena tidak semua orang diberi ksempatan untuk bertemu kembali dengan bulan Ramadhan. “pada bulan Ramadhan tahun lalu banyak orang yang memohon agar dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun depan, tapi tidak semua orang diberi kesempatan untuk brtemu kembali dengan bulan Ramadhan, untuk itu mari kita bersyukur” imbuhnya.

Kemudian Kakankemenag mengutip Q.S. Al Baqarah : 183

Yaa ayyuhaa alladziina aamanuu kutiba  ‘alaykumu alshiyaamu kamaa kutiba ‘alaa alladziina min qablikum la’allakum tattaquuna

yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” [Al-Baqoroh: 183]

Beliau pun melanjutkan dengan Hadits Nabi SAW [HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu] yang artinya :

“Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu, dan barangsiapa sholat di malam lailatul qodr karena iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosanya yang telah lalu.”

Marhaban ya ramadhan, untuk itu mari kita sambut bulan suci Ramadhan ini dengan suka cita, mengapa demikian ? karena ada beberapa keutamaan puasa ramadhan, diantaranya ialah :

M enghapus dosa-dosa selama 11 bulan yang lalu, seperti yang telah disebutkan pada Hadits Nabi SAW diatas dan pada Q.S. Al Baqarah yang telah disebutkan di awal kultum, telah mengingatkan kepada kita kaum muslimin bahwa  dengan memenuhi perintah Allah untuk berpuasa, maka Allah akan meningkatkan derajat kita menjadi orang-orang yang ber taqwa;

Untuk itu Kakankemenag mengajak jamaah marilah di bulan yang istimewa ini sama-sama kita tingkatkan nilai ibadah kita baik secara kualitas maupun kuantitas untuk kemudian kita bisa masuk kedalam golongan orang-orang yang bertaqwa dengan shalat berjamaah di masjid, mengaji, sedekah dan berbagai amalan lainnya. Sehingga pada akhir ramadhan kita benar-benar menjadi orang yang bertakwa dan kembali fitrah, Ungkapnya. (CBN/HmW)