kemenag kota ambon

Kakankemenag Membuka Kegiatan Pengembangan Kurikulum/Silabus PAK Seksi Bimas Kresten

Ambon (Inmas)_Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, H.M Rusydi Latuconsina S.Ag membuka secara resmi kegiatan Pengembangan Kurikulum/Silabus PAK bagi 50 peserta Guru PAK yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Kristen bertempat di Gereja Imanuel Osm-Ambon, jumat 18/05/2018.     

Turut hadir dalam kegaiatan tersebut Kepala Seksi Bimas Kristen Kemenag Kota Ambon, Remond Untarolla S.Th, Staf dan para pengawas Seksi Bimas Kristen.

Ketua panitia, Margareth Loisa Makakena melaporkan kegiatan pengembangan kurikulum silabus PAK yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Kristen diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari guru pendidikan Dasar, guru pendidikan Menengah dan Pengawas. Menurutnya kegiatan ini  akan berlangsung selama 1 hari  dengan nara sumber berasal dari Balai Diklat Keagamaan Ambon, serta anggaran kegiatan bersumber dari DIPA Kementerian Agama Kota Ambon tahun 2018.

Pada kesempatan Kepala Kantor Kementerian Agama, H. M Rusydi Latuconsina S.Ag menyampaikan sambutan mengatakan dalam rangka meningkatkan pemahaman, kemampuan, dan ketrampilan guru PAK, pemerintah lewat Seksi Bimas Kristen Kementerian Agama Kota Ambon memandang perlu untuk melaksanakan kegiatan Pengembangan Kurikulum/Silabus PAK. Hal  ini dilakukan agar para guru PAK dapat memiliki kemampuan kompetensi,  tanggungjawab  dan mandiri dalam melaksanakan tugas mengajar secara baik dan benar.

H.M Rusydi Latuconsina juga mengatakan pada kegiatan ini selain materi yang disampaikan oleh pemateri tetapi lebih banyak difokuskan pada praktek sehingga para Guru PAK dapat memahami tugas dan kompetensi yang dimilikinya, guru juga harus memiliki motivasi yang tinggi dalam melaksanakan proses belajar mengajar yang baik dan benar, menurutnya  dalam dunia pendidikan ada beberapa indikator yakni guru dan kurikulum, dimana guru harus dituntut memiliki profesionalitas, kualitas, kompetensi, kemudian kurikulum kita kenal KTSP dan K13.

Pemerintah selain memberikan penguatan, dan kemampuan kompetensi para guru, kedepan pemerintah juga berupaya memberikan perhatian terkait kesejahteraan lewat tunjangan kinerja sehingga guru betul betul dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggungjawab dan sungguh-sungguh agar kualitas dan mutu pendidikan di Indonesia khususnya di Kota Ambon akan lebih baik lagi.

Pada akhir sambutan Kakankemenag juga berharap kepada pendidik dan tenaga kependidikan agar dapat meningkatkan mutu pendidikan Kristen dalam rangka mewujudkan tata kelola organisasi yang baik dilingkup Seksi Bimas Kristen Kementerian Agama Kota Ambon khusunya pada lembaga pendidikan Dasar dan Menengah, Imbunya. (HmW)