kemenag kota ambon

Kemenag Lakukan Rukyatul Hilal

Ambon (Inmas)_Kemenag Kota bersama Kanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku dan  BMKG Kota Ambon melakukan Rukyatul hilal untuk menentukan 1 Ramadhan 1439 H/ 2018, bertempat di Desa Wakasihu Kecamatan Leihitu Barat Kabupaten Maluku Tengah selasa, 15/05/18.

Pemantauan yang dilakukan oleh Tim Hisab Rukyatul langsung dipimpin oleh KaKanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Mussad S.Pd, M.Pd didampingi Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Maluku H. Jamaludin Bugis, S.Ag, Kepala Bidang Bimbingan Masyarakat Islam Kanwil Kemenag Provinsi Maluku, Drs. Zain Firdaus Kaisupy, S.Ag, Ka.Kankemenag Kota Ambon, H.M Rusydi Latuconsina, S.Ag, serta MUI Provinsi Maluku, Pengadilan Tinggi Agama dan para tokoh agama.

Kegiatan pemantauan melalui penerawang titik koordinat bulan penentuan 1 Ramadhan ini dilakukan tepat pukul 17.30 WIT, saat terbenam matahari bertempat di Masjid Cakmar Marussalam, Desa Wakasihu.

Ka.Kankemenag mengatakan pelaksanaan Rukyat tersebut hasilnya langsung disampaikan kepada Kemenag RI C.q Direktur urusan agama Islam dan pembimaan Syari’ah Kemenag RI di Jakarta, untuk menjadi bahan penetapan tanggal 1 Ramadhan 1439 H melalui sidang Itsbat.

“Oleh karena itu, penetapan 1 Ramadhan 1439 H yang ada kaitannya, dengan memulai ibadah puasa 1 Ramadhan 1439 H, tetap menunggu hasil sidang Itsbat,” yang merupakan wujud kebersamaan Kementerian Agama selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ujarnya.

Ka.Kankemenag menjelaskan metode untuk melihat hilal adalah hisab dan rukyat. Hisab adalah perhitungan matematis yang dilakukan para astronomis dalam menentukan keberadaan posisi bulan dalam penentuan awal bulan dalam perhitungan kalender hijriah. “Sedangkan metode rukyat adalah pengamatan langsung terhadap penampakan hilal atau sering disebut dengan azimut hilal dengan berdasarkan teori hisab, setelah terbenamnya matahari atau dengan istilah ghurubusy syamsi,” terangnya.

Untuk itu Ka.Kankemenag berharap kepada umat muslim untuk  saling menjaga kebersamaan dan toleransi dan menunggu hasil keputusan dan pemgumuman Menteri Agama dalam sidang isbat yang akan digelar malam nanti”, ucapnya.(Hm.W)