kemenag kota ambon

Penyuluh Agama Islam Diminta Lebih Responsif Dalam Menjalankan Program Selama Ramadhan

Ambon (Inmas)- Menjelang Ramadhan 1439 H/2018 M Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon, Rusydi Latuconsina, S.Ag didampingi Ka.Sub Bag TU Kemenag Kota Ambon, Saradju Kelrey S.Ag melakukan pertemuan bersama Kasi Bimas Islam, H. Husen  Sahiri S.Ag dan para Penyuluh Agama Islam di aula Kantor Kemenag Kota Ambon untuk mengetahui program program yang akan dilaksanakan Penyuluh Agama Islam selama Ramadhan 1439 H,Rabu (16/05).

Mengawali pertemuan Ka. Sub Bag TU Kemenag Kota Ambon, Saradju Kelrey saat memimpin pertemuan mengungkapkan keinginannya kepada para Penyuluh Agama Islam agar secara responsif melaksanakan program-program selama bulan Ramadhan 1439 H ini.

Saat memberikan arahan Ka.Kankemenag Kota, H.M Rusydi Latuconsina menjelaskan pertemuan ini merupakan penyikapan terhadap himbauan Ramadhan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Maluku, Fesal Musaad S.Pd M.Pd. yang salah satunya ditujukan kepada para penyuluh Agama Islam. Mengutip himbauan yang disampaikan oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku. Ka.Kankemenag Kota Ambon,  mengatakan mengingat negara yang saat ini berada dalam kondisi genting dengan isu teroris mengatasnamakan agama, para penyuluh dihimbau agar dapat memberikan pembinaan/bimbingan di masyarakat menggunakan bahasa yang tidak menimbulkan sikap saling menghujat atau justru menimbulkan keresahan di masyarakat.

Tidak dipungkiri kondisi bangsa menjelang Pemilu Legislatif  dan Pemilihan Presiden cukup melahirkan insiden-insiden yang tidak diinginkan, namun Kakankemenag Kota Ambon mengharapkan para penyuluh pun tidak terlibat secara politik praktis maupun memberikan bimbingan tanpa materi yang terkait dengan politik praktis. “Berikanlah pembinaan dan bimbingan kepada masyarkaat dengan materi (bahasa_red) yang tidak terkait dengna politik praktis, gunakan bahasa yang yang baik sehingga dapat menghindari dari hal-hal yang justru menimbulkan keresahan dan adu domba di tengah-tengah masyarakat.

Selain memperhatikan himbauan tersebut, Ka.Kankemenag Kota Ambon juga menyarankan kepada para penyuluh Agama Islam untuk dapat merancang dan melaksanakan program-program selama Ramadhan 1439 H/2018 M seperti memberikan siraman rohani (tausiyah_red) menjelang waktu berbuka puasa.

Lebih lanjut Kakankemenag Kota mengharapkan program-program ini dapat diteruskan ke KUA KUA dan dilaksanakan sebagaimana mestinya sehingga pembinaan dan bimbingan yang diberikan dapat dirasakan secara menyeluruh kepada masyarakat, Imbuhnya.

Pada kesempatan Kasi Bimas Islam, H. Husen Sahiri menyampaikan beberapa program yang telah dirancang dan akan dilaksanakan selama bulan Ramadhan 1439 H diantaranya berpartisipasi melakukan safari Ramadhan pada masjid-masjid atau mushollah, memberikan tausiyah singkat kepada ASN Kemenag Kota ba’da sholat dzuhur. Selain itu juga ada program pembinaan Ramadhan sekolah. “Kami telah membuat program bersama dan menyusun jadwal pelaksanaan serta penanggung jawabnya masing-masing. Mudah-mudahan program ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.” terang Husen saat berkesempatan menghadiri pertemuan tersebut. (ifh/Hm.W))