kemenag kota ambon

Profil Kantor

Latar Belakang

Kantor Kementerian Agama Kota Ambon sebagai salah satu Instansi vertikal Kementerian Agama  yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku.  Kantor Kementerian Agama Kota Ambon melaksanakan tugas pokok dan fungsi Kementerian Agama dalam tugas-tugas umum Pemerintahan dan pembangunan dibidang Agama berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku dan Peraturan Perundangan yang berlaku.

Kantor Kementerian Agama Kota ambon sebelumnya berlokasi di hative Besar Tantui Kota Ambon, namun setelah terjadinya tragedi kemanusiaan  kerusuhan Ambon ke II tanggal 14 Agustus 1999, Kantor kemenag tersebut telah terbakar hangus beserta arsip-arsip penting sehingga turut berpengaruh pula pada kelancaran roda perkantoran.

Selanjutnya kegiatan perkantoran sehari-hari sementara waktu itu dipusatkan di Jl. Permi Waihaong Ambon pada sebuah bangunan rumah tempat tinggal milik Saudara Rustam Soenarko warga keturunan Cina, sejak  terjadinya kerusuhan yang bersangkutan mengungsikan diri pada tahun 1999 s.d 2002 (selama 4 tahun).

Pada tahun 2002 pihak  Kantor melakukan koordinasi dengan pemilik bangunan Rumah dengan tujuan meminta kesediaannya agar bangunan rumah permanent  dengan ukuran 628 M2, berlantai 4 tersebut dapat  dijualkan kepada Kantor Kementerian Agama Kota Ambon. Permintaan tersebut disetujui, maka melalui DIPA No. 056/XXV/1/–/2002.

Proyek peningkatan Sarana dan Prasarana Fisik Kementerian Agama Kota Ambon, memproses pengalihan kepemilikannya menjadi milik asset Kementerian Agama Kota Ambon sampai saat ini.

Menyadari begitu urgennya berbagai permasalahan  yang menantang saat ini, baik skala nasional maupun local, maka keberadaan Kementerian Agama  sebagai ujung Tombak Pemerintah di Kota yang mempunyai tugas Pokok : Melaksanakan sebagaian tugas umum pemerintahan dan pembangunan dibidang agama di Kota Ambon harus mampu berkiprah sebagai motivator dan dinamisator ditengah lanjunya pembangunan di Kota dengan bergerak secara bersama-sama sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Maksud dan tujuan

Maksud dan tujuan disusunnya profil kantor kementerian Agama Kota Ambon adalah :

Untuk dijadikan sebagai bahan barometer pelaksanaan tugas aparatur Kementerian Agama Kota Ambon;

Sebagai bahan sajian pelayanan dan informasi yang jelas bagi para pencari data atau peneliti;

Landasan Hukum

Dalam penulisan Profil Kantor Kementerian Agama Kota Ambon ini adalah mengacu pada :

  1. Keputusan Menteri Agama RI. No. 18 Tahun 1975, Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja departemen Agama RI dengan segala perubahannya, terakhir dengan keputusan Menteri Agama No. 75 Tahun 1984;
  2. Keputusan Menteri Agama RI. No. 45 Tahun 1981, Tentang Susunan Organisasi danTata Kerja Kantor  Wilayah Departemen Agama Provinsi, kandepag Kota/Kabupaten Balai Diklat Pegawai Teknis Keagamaan;
  3. Keputusan Menteri Agama No. 373 Tahun 2002 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kantor Departemen Agama Provinsi dan kantor Departemen Agama Kab/Kota.
  4. Peraturan Menteri Agama No.13 Tahun 2012 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama.
404
DIBACA